PEMBELAJARAN MENYIMAK : Prinsip umum pengajaran menyimak KK KI KD menyimak

 

PEMBELAJARAN MENYIMAK

 

(Prinsip umum pengajaran menyimak KK KI KD menyimak)

 

 

Oleh :

Aprilia Ariesti Miona (20016059)

Pendidikan Bahasa Indonesia

FBS universitas Negeri Padang

Email: apriliaariesti2001@gmail.com

 

Menyimak menurut iskandar waasid yaitu menyimak sebagai suatu proses bahasa yang dimaknai ke dalam pikiran. Praktik menyimak, ketika cara di mana menyimak dapat dipersonalisasikan. Praktik menyimak tersebut telah dirancang dalam RPP (Rancangan Pembelajaran). Untuk mencapai kualitas yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum, kegiatan pembelajaran perlu menggunakan prinsip sebagai berikut:

a) peserta didik difasilitasi untuk mencari tah

b) peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar

c) proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah

d) pembelajaran berbasis kompetensi

e) pembelajaran terpadu

f) pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multidimensi

g) Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif

h) peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dansoft-skills

i) pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didiksebagai pembelajar sepanjang hayat

j) pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarsosung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), danmengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wurihandayani)

k) pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat

l) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi danefektivitas pembelajaran

m) pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik; dann)suasana belajar menyenangkan dan menantang.

Tahap Pelaksanaan PembelajaranTahap pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

1).Kegiatan Pendahuluan 

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:a)mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;b)mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkansebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;c)menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupansehari-hari;d)menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dane)menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

2). Kegiatan Inti 

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi, yangdilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,kreativitas, dan kemandiriansesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik sertapsikologis peserta didik. Kegiatan inti menggunakan pendekatan saintifik yangdisesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan peserta didik. Guru memfasilitasipeserta didik untuk melakukan prosesmengamati, menanya, mengumpulkaninformasi/mencoba,menalar/ mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

 

3) . Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup terdiri atas:a)Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu: (1) membuat rangkuman/simpulanpelajaran; (2) melakukan refleksiterhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan(3) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; danb)Kegiatan guru yaitu: (1) melakukan penilaian; (2) merencanakan kegiatan tindaklanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konselingdan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai denganhasil belajar peserta didik; dan (3) menyampaikan rencana pembelajaran padapertemuan berikutnya.

 

Prinsip KI dan KD

Kompetensi Inti (KI) merupakan elemen batu dalam dunia pendidikan yang tidak dimiliki oleh kurikulum sebelumnya. Kompetensi Inti memiliki kedudukan yang sama dengan Standar Kompetensi yang digunakan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pengertian Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Di dalam mempermudah operasionalnya, kompetensi inti pada ranah sikap dibedakan menjadi dua, yaitu sikap spiritual dan sikal sosial. Sikap spiritual terkait dengan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa.Sedangkan sikap sosial terkait dengan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.Pengertian Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, dan ciri suatu mata pelajaran

 

Rujukan:

Hamid, A. Strategi Pembelajaran Menyimak. diakses 10 november 2020 pada https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/74054-ID-strategi-pembelajaran-menyimak.pdf&ved=2ahUKEwiDi_bz9_bsAhXTF3IKHQ6QBWsQFjABegQIARAB&usg=AOvVaw2EKia4kPigelM6nbNgCz_W

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2016.Kemampuan Pedagogik:Rancangan Pembelajaran

Hidayah,U.dkk.2016. Konsistensi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Siswa Kelas X MAN Patas. Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaUniversitas Pendidikan GaneshaJurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(3)

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersama Bergerak Berdaya untuk Mewujudkan Bumi Berdaya dan Pulih Lebih Kuat

Nasabah Bijak: Sebuah Keharusan untuk Melindungi dari Penipuan

Si Paling Mobilitas dengan Laptop Canggih ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)