Pelatihan Menyimak

 

 

PELATIHAN MENYIMAK

 

Oleh :

Aprilia Ariesti Miona (20016059)

Pendidikan Bahasa Indonesia

FBS universitas Negeri Padang

Email: apriliaariesti2001@gmail.com

 

Keterampilan menyimak sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu diperlukan adaya latihan untuk meningkatkan keterampilan menyimak tersebut.Secara garis besar, materi pembelajaran dan bahan ajar mencakupi pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau nilai yang harus dipelajari siswa. Materi pelajaran bahasa Indonesia terdiri atas komponen kemampuan berbahasa dan bersastra yang meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis (Zulaeha dan Rahman 2009). Aspek menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang dikuasai anak di awal perkembangannya sehingga menyimak perlu mendapat perhatian lebih, terutama dalam dunia pendidikan. Kegiatan menyimak harus dikuasai oleh setiap orang karena keterampilan menyimak sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berkomunikasi lisan dengan teman, mengikuti kuliah, diskusi, dan seminar menuntut kemahiran seseorang untuk menyimak. Demikian juga menangkap pesan lewat telepon, radio, televisi memerlukan kemahiran menyimak (Tarigan 1986: 2.1).

Untuk meningkatkan keterampilan menyimak dapat dengan melalukan pelatihan melalui beberapa teknik yang dapat dilakukan. Di antaranya adalah teknik loci, teknik penggabungan, dan teknik fonetik (Sutari dkk. 1997: 67-70). Berikut ini adalah peniciasan teknik-teknik tersebut.

a.    Teknik Loci (Loci System)

Teknik loci merupakan salah satu teknik mengingat yang paling tradisional. Teknik ini pada dasamva merupakan teknik mengingat dengan cara memvisualisasikan materi yang harus diingat dalam ingatan Anda. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mempelajari urutan informasi dengan informasi lain yang serupa, dan mencocokan hal-hal yang akan diingat dengan lokasi tersebut.

b.    Teknik Penggabungan

Teknik penggabungan merupakan teknik mengingat dengan cara menghubungkan (menggabungkan) pesan pertama yang akan Anda ingat secara berantai dengan pesan kedua, ketiga. dan seterusnva. Pesan berantai itu dihubungkan pula dengan imaji-imaji tertentu yang perlu divisualkan secara jelas dalam pikiran Untuk mencegah terjadinya kelupaan pada pesan pertama (pesan yang akan dimatarantaikan), pesan pertama perlu dihubungkan tersebut dengan lokasi yang akan mengingatkan Anda pada item tadi.

c.    Teknik Fonetik

Teknik fonetik melibatkan penggabungan angka-angka, bunyi-bunvi fonetis, dan kata-kata yang mewakili bilangan-bilangan itu dengan pesan yang akan diingat. Teknik ini dapat membentuk imaji visual yang kuat untuk masing-masing kata yang berhubungan dengan bilangan; dan membentuk penggabungan visual antara masing-masing pesan yang akan diingat secara berurutan dengan masing-masing kata yang terbentuk dari kata-kata yang divisualisasikan. Penyimak yang baik apabila individu mampu menggunakan waktu ekstra untuk mengaktifkan pikiran pada saat menyimak. Ketika para siswa menyimak, perhatiannya tertuju pada objek bahan simakan. Pada saat itulah akan didapatkan proses menyimak yang efektif, menyimak yang lemah, dan menyimak yang kuat.

Dilihat bahwa yang penting dalam kegiatan menyimak adalah mengaktifkan kembali skemata yang sudah ada dalam ingatan penyimak (Dahlhaus, 1994).Teknik dan Latihan untuk Mengembangkan Keterampilan Menyimak Sebagaimana telah diuraikan di atas, menyimak merupakan kegiatan yang kompleks. Oleh karena itu diperlukan teknik pengajaran yang dapat membantu memudahkan pembelajar memahami apa yang disimaknya. Dahlhaus (1990) membedakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam pengajaran menyimak ke dalam tiga tahap, yaitu :

1. Kegiatan sebelum menyimak(Aufgaben, die vor dem Hören gemacht werden)

2.Kegiatan selama menyimak (Aufgaben, die während des Hörensgemacht werden)

3. Kegiatan sesudah menyimak (Aufgaben, die nach dem Hörengemacht werden)

Rujukan:

Warningsih,N.Teknik dan Latiha untuk Mengembangkan Keterampilan Menyimak.(https://docplayer.info/45378995-Teknik-dan-latihan-untuk-mengembangkan-keterampilan-menyimak-oleh-nining-warningsih.html , diakses tanggal 20 Desember 2020 pada jam 13.00 WIB)

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersama Bergerak Berdaya untuk Mewujudkan Bumi Berdaya dan Pulih Lebih Kuat

Nasabah Bijak: Sebuah Keharusan untuk Melindungi dari Penipuan

Si Paling Mobilitas dengan Laptop Canggih ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)