MODEL, METODE, TEKNIK DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYIMAK

 

MODEL, METODE, TEKNIK DAN STRATEGI

PEMBELAJARAN MENYIMAK

 

Oleh :

Aprilia Ariesti Miona (20016059)

Pendidikan Bahasa Indonesia

FBS universitas Negeri Padang

Email: apriliaariesti2001@gmail.com

Dalam melakukan sesuatu dibutuhkan model, metode, teknik dan strategi yang tepat dan baik dalam keberlangsung kegiatan, begitu juga dengan pembelajaran menyimak. Sebelum membahas lebih jauh, baiknya kita mengetahui perbedaan dari model, metode, teknik dan strategi dari pembelajaran menyimak tersebut.

 

1. Model pembelajaran menyimak
Model pembelajaran menyimak disini adalah prosedur yang dilakukan oleh tenaga pendidik dari awal masuk kelas, menjelaskan pembelajaran menyimak, melaksanakan metode yang sudah dibuat, sampai meninggalkan kelas yang sistematis yang dapat mengkoordinir seluruh anggota kelas, juga bisa dijadikan pedoman bagi perancang pembelajaran untuk melakukan proses belajar mengajar (aktivitas belajar). Model Pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran menyimak yaitu sebagai beriktu:

A.  Model pembelajaran terpadu.

Dalam pembelajaran menyimak aspek-aspek menyimak selalu digunakan secara terpadu, tidak pernah bahasa digunakan secara terpisah, aspek demi aspek.

B. Model pembelajaran Tematik.

Pembelajaran tematik merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Keterpaduan dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek belajar mengajar. Pembelajaran tematik hanya diajarkan pada siswa sekolah dasar kelas rendah (1—3), karena pada umumnya mereka melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik), perkembangan fisiknya tidak pernah dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional.

C. Model Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM/Joyfull Learning)

PAKEM adalah strategi pembelajaran yang menciptakan variasi kondisi eksternal dan internal dengan melibatkan siswa secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga pembelajaran bermakna. Pembelajaran aktif merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktivitas peserta didik dalam mengakses berbagaiinformasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran di kelas sehingga mereka mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinya.Pembelajaran kreatif merupakan proses pembelajaran yang mengharuskan guru untuk dapat memotivasi dan memunculkan kreativitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan beberapa metode dan strategi yang bervariasi, misalnya, kerja kelompok, bermain peran, dan pemecahan masalah. Pembelajaran kreatif menuntut guru untuk mampu merangsang kreativitas peserta didik, baik dalam mengembangkan kecakapan berpikir maupun dalam melakukan suatu tindakkan. Berpikir kreatif selalu dimulai dengan berpikir kritis, yakni menemukan dan melahirkan sesuatu yang sebelumnya tidak ada atau memperbaiki sesuatu.

 

2. Metode Pembelajaran Menyimak

Metode pembelajaran menyimak ialah rencana pembelajaran menyimak yang mencakup pemilihan, penentuan, dan penyusunan secara sistematis bahan yang akan diajarkan, serta kemungkinan pengadaan remedi dan bagaimana pengembangannya. Pemilihan, penentuan, dan penyusunan bahan ajar menyimak secara sistematis dimaksudkan agar bahan ajar tersebut mudah diserap dan dikuasai oleh siswa. Semuanya itu didasarkan pada pendekatan yang dianut. Melihat hal itu, jelas bahwa suatu metode ditentukan berdasarkan pendekatan yang dianut, dengan kata lain, pendekatan merupakan dasar penentu metode yang digunakan.

Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak di antaranyaadalah:

a) metode tata bahasa/terjemahan

b) metode membaca

c) metode audiolingual

d) metode reseptif/produktif

e) metode langsung

f) metode komunikatif

g) metode integratif

h) metode tematik

i) metode kuantum

j) metode konstruktivistik

k) metode partisipatoril)metode kontekstual
3.Teknik pembelajaran menyimak
Pada teknik ini tenaga pendidik yang akan mengajari pembelajaran menyimak dengan cara konkret yang dipakai pada saat pembelajan menyimak berlangsung, pada teknik ini juga bisa dikatakan cara bagi tenaga pendidik untuk mengaplikasikan metode secara spesifik.

Berikut ini adalah teknik-teknik yang biasa digunakan dalam pembelajaran b pembelajaran menyimak

(1) simak-ulang ucap

(2) simak-tulis (dikte)

(3) simak-kerjakan

(4) simak-terka

(5) memperluas kalimat

(6) menyelesaikan cerita

(7) membuat rangkuman

(8) menemukan benda

(9) bisik berantai

(10) melanjutkan cerita

(11) Parafrase

(12) kata kunci
4.Strategi pembelajaran menyimak
Stategi pembelajaran menyimak adalah suatu upaya untuk mensiasati pembelajaran agar tujuan pembelajaran menyimak suatu kegiatan dapat tercapai sesuai dengan hasil yang diharapkan.

 

Rujukan:

Hamid,A.Strategi Pembelajaran Menyimak.Lampung[ID]:IAIN Raden Intan

 

Iskandar,D.Pendekata, Metode, dan Teknik Pembelajaran Menyimak. (http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196606291991031-DENNY_ISKANDAR/MATERI_PENMETTEK_SMP.pdf, diakses pada tanggal 20 Desember 2020)


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersama Bergerak Berdaya untuk Mewujudkan Bumi Berdaya dan Pulih Lebih Kuat

Nasabah Bijak: Sebuah Keharusan untuk Melindungi dari Penipuan

Si Paling Mobilitas dengan Laptop Canggih ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)