Pentingnya Mempelajari Bahasa dan Keterampil dalam Berbahasa


Mempelajari Bahasa dan Keterampilan Berbahasa


Oleh

Aprilia Ariesti Miona (200016059

Pendidikan Bahasa Indonesia

FBS Universitas Negeri Padang

Email: apriliaariesti2001@gmail.com


ABSTRACT

The article expresses the study language and skill language very important, the context skill language with character dan success for many people, the language must to study along with their reason, and the last skill language must be enhance.


Kata kunci : mempelajari bahasa, keterampilan berbahasa


Pendahuluan

Bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, seperti kata Noam Chomsky ( Bapak linguistik dunia), jika kita mempelajari bahasa maka hakikatnya kita sedang mempelajari esensi manusia, yang menjadikan keunikan manusia itu sendiri. Manusia dirancang untuk berjalan tetapi tidak diajari agar bisa berjalan, begitupun dalam berbahasa, tidak seorangpun bisa diajari dalam bahasa karena manusia diciptakan untuk berbahasa. Dalam artian bahwa pada hakikatnya manusia akan berbahasa tanpa bisa dicegah agar tidak memperoleh bahasa. 

 Terlihat jelas keterkaitan bahasa seseorang dengan karakter yang dimiliki pada dirinya. Peran penting bahasa indonesia adalah alat untuk membentuk  kepribadian dan karakter. Melihat perkembangan zaman yang begitu pesat sangat disayangkan identitas bangsa mulai terkikis karena kehidupan modern, terlebih lagi bahasa sebagai ciri khas negara yang mayoritasnya menggunakan bahasa prokem (gaul). 



Pembahasan

Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan orang secara lisan atau tertulis, pun digunakan untuk mendiskusikan suatu topik untuk mengungkapkan perasaan atau sebagainya. Akhirnya munculah teori dalam mempelajari bahasa , keterampilan berbahasa dan hubungannya dengan karakter dan kesuksesan seseorang.

Pentingnya Mempelajari Bahasa dan Keterampilan Berbahasa

Bahasa termasuk komponen penting dalam kehidupan manusia. Mempelajari bahasa tentu menjadi hal yang utama untuk manusia dalam menjalani kehidupannya, bagaimana tidak jika seseorang kurang tepat dalam menggunakan bahasa akan berdampak kesalahfahaman karena tidak sesuainya yang difikirkan dengan yang disampaikan. Sebagai masyarakat yang menjadikan pancasila sebagai dasar negaranya tentu tidak heran lagi bahasa indonesia dijadikan bahasa pengantar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dunia pendidikan. Hal ini menunjukkan bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam proses pendidikan di Indonesia, bahkan sampai perguruan tinggi bahasa indonesia masih dipelajari oleh mahasiswa.

Sebagai manusia yang tidak terlepas dari berbahasa tentu mempelajari bahasa sangat penting melihat betapa bergunanya bahasa dalam kehidupan manusia. Konteksnya tidak hanya mempelajari bahasa tetapi juga terampil dalam berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk mencapai tujuan  tentu mempelajarinya adalah hal yang pertama dilakukan. Tujuannya agar dalam kehidupan kita tidak salah tujuan dalam menyampaikan atau menerima suatu maksud baik secara tulisan. 

Keterampilan berbahasa ini dalam pengaplikasiannya sangat bermanfaat, misalnya si pengirim pesan aktif memilih pesan yang akan disampaikan, memformulasikannya dalam wujud lambang-lambang berupa bunyi /tulisan (proses encoding), si penerima pesan aktif menerjemahkan lambang-lambang tersebut menjadi makna agar pesan tersebut dapat diterima secara utuh. Dari ilustrasi diatas, baik sipengirim ataupun si penerima harus memempunya keterampilan berbahasa agar tersampainya maksud dan tujuan.


Hubungan Keterampilan berbahasa dengan Karakter dan Kesuksesan 

Keterampilan berbahasa, karakter, dan kesuksekan itu sebenarnya adalah 3 hal yang behubungan. Jika kita tidak memiliki kemampuan dan keterampilan berbahasa kita tidak bisa mengungkapkan pikiran, mengekspresikan perasaan, bahkan untuk menyatakan kehedak, itu semua dibutuhkan terampil dalam berbahasa. Karakter sesroang dapat dilihat dari cara berkomunikasi lewat lisan ataupun tulisan, jika seseroang tidak terampil dalam berbahasa tentu akan susah mencari mana yang pantas disampaikan. Sebagai contoh, jika seseorang berbicara tidak memilih kata yang pas saat digunakan kesiapa, diamana, kapan, dan bagaimana penyampainnya, karakter dan attitude yang dinilai penerima pesan akan kurang ke pemberi pesan, begitulah keterampilan berbahasa sangat berhubungan dengan karakter seseorang. Jika dilihat dari kesuksan seseorang , keterampilan berbahasa juga ikut andil, misalnya seorang manager jika tidak memiliki keterampilan berbahasa yang baik dirasa akan sulit berbaur dalam dunia perusahan, saat berbicara dengan partner bisnis maupuan karyawan sangat diperlukan keterampila berbahasa.


Bahasa yang Perlu dipelajari Serta Keterampilan Bebahasa yang Harus dimahirkan

Didunia bahasa sangat beragam, terlepas dari itu semua bagi penulis yang berkebangsaan Indonesia tentu bahasa yang perlu, bahkan wajib untuk dipelajari adalah bahasa indonesia, sebagai bahasa kenegaraan. Alasannya adalah untuk memudahkan berkomunikasi baik secara formal maupun nonformal, karna bagaimanapun menghindar dari bahasa, kita manusia akan terus terikat denga bahasa.Bahasa indonesia selain perlu dipelajari, keterampilan dalam berbahsa indonesia perlu juga dimahirkan, agar mudahnya kita dalam menyampaikan pesan dan menerima pesan baik secar lisan maupun tertulis.

Selain bahasa indonesia, penulis juga berpendapat bahwa bahas inggris sebagai bahasa internasional juga perlu dipelajari, karena melihat perkembangan teknologi sekarang ini, contohnya komputer menggunakan bahasa inggris dalam pengoperasiannya. Selain itu sebagai bahasa internasional jika kita berkunjung atau melakukan study kenegara lain kita bisa menggunakan bahasa internasional sebagai alat komunikasi. Sama halnya dengan bahasa indonesia bahasa inggris juga perlu dimahirkan keterampilan berbahasanya, agar tercapainya tujuan komunikasi tersebut. Apalagi halnya bahasa inggris yang dasarnya bukan sebagai bahasa kenegaraan kita, tetapi sebagai bahasa internasioan atau bahasa dunia.


Penutup

Bahasa tidak terlepas dari setiap individu. Bahasa dapat menghubungkan makna atau ide yang diajukan, bahasa dapat diwujudkan dalam bentuk lisan atau tulisan. Bahasa adalah alat komunikasi untuk mengirimkan informasi, siswa belajar untuk berkomunikasi dengan yang lain melalui berbagai cara, salah satunya adalah berbicara. Semua individu menggunakan bahasa, namun ada beberapa yang belum terampil dalam menggunakannya. Untuk itu mempelajari bahasa dan keterampila berbahasa sangat penting bagi setiap individu tanpa terkecuali. Sebagai warga negara Indonesia bahasa indonesia sangat perlu untuk dipelajari, dan terampil dalam berbahasa indoenesia. Selain bahasa indonesia bahasa inggris sebagai bahasa internasional juga perlu dipelajari.


Daftar Rujukan

Solin,M. Peranan Bahasa Indonesia dalam Membangun Karakter Bangsa.[jurnal].Medan(ID):Universitas Negeri Medan


Rahman,Rani Nurcita Widya,Rasi Yugatiati.2018.Menyimak dan Berbicara. Jatinangor:alqaprint

 

Mulyati,y. Hakikat Keterampilan Bebahasa.Modul 1 [internet][diunduk pada 2020 sept 19].Tersedia pada : https://.repository.ut.ac.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersama Bergerak Berdaya untuk Mewujudkan Bumi Berdaya dan Pulih Lebih Kuat

Nasabah Bijak: Sebuah Keharusan untuk Melindungi dari Penipuan

Si Paling Mobilitas dengan Laptop Canggih ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)